Rabu, 09 Oktober 2013

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SOAL
1.      Pengertian SIM dari berbagai ahli
2.      Pengertian Manajemen dan Manager
3.      Pengertian Organisasi
4.      Pengertian Teknologi
5.      Fungsi-Fungsi Organisasi

JAWABAN
1.      Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.
2.      -  Manajemen adalah suatu proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.
-      -  Manager adalah orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam organisasi yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi memiliki cirri yang sesuai dengan tujuan ( goals ) dan teknologi ( technology ).
3.      Organisasi memiliki berbagai pengertian, diantaranya :
-   Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama,
-   Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau
-   Organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama,
-   Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
4.      Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan. Teknologi juga bisa berarti keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
5.      Ada 4 fungsi organisasi, yaitu :
1.      Planning ( Perencanaan )
Hal yang berkaitan dengan perencanaan dalam organisasi diantaranya adalah rencana-rencana yang coba disusun oleh pengelola organisasi, seperti rencana kerja atau kegiatan serta anggaran yang diperlukan, teknis pelaksanaannya bisa melalui rapat-rapat, seperti : Rapat kerja ( pengurus organisasi ) yang membicarakan rencana-rencana kerja pengurus serta kegiatan anggota yang akan dilakukan dengan satu atau lebih target yang akan dicapai, Rapat anggaran untuk menentukan berapa jumlah anggaran yang diperlukan untuk mendukung kerja organisasi atau untuk suatu event / kegiatan ( wujudnya daftar RKA ) atau proposal kegiatan.
2.      Organizing ( Pengaturan )
Dalam hal pengaturan, unsur yang perlu diperhatikan & diwujudkan adalah :
- Struktur Organisasi yang mampu menunjukkan bagaimana hubungan ( relationship ) antara organisasi/bagian/seksi yang satu dengan yang lain.
- Job Description yang jelas yang mampu menjelaskan tugas masing-masing bagian.
- Bentuk koordinasi antar bagian dalam organisasi ( misal, Rapat Koordinasi antar  bagian, Rapat pimpinan antar organisasi, dll ).
- Penataan dan Pendataan  Arsip & Inventaris Organisasi, harus diatur dan ditata dengan baik administrasi organisasi, seperti surat masuk, surat keluar, laporan-laporan, proposal keluar, data anggota, AD/ART, GBHK, presensi, hasil rapat, inventarisasi yang dimiliki, perangkat yang dipinjam, dll.
            3.   Accounting ( Pelaporan )
Pelaporan merupakan unsur wajib yang harus dilakukan untuk menunjukkan sikap & rasa tanggung jawab dari pengurus kepada anggotanya ataupun kepada struktur yang berada diatasnya. Wujud konkritnya adalah : Progrss Report ( Laporan Pengembangan Kegiatan ) atau Laporan Pertanggung Jawaban ( LPJ ) Kegiatan.
4.   Tugas organisasi ataupun pimpinan organisasi yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan pengawasan terhadap aktifitas organisasi ataupun realisasi kegiatan dan penggunaan anggaran.

Sumber :
5.      http://wikipedia.com

7.      http://wartawarga.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar